Bagaimana Cara Berpuasa Asyuro’?

Puasa Asyuro’ ada tiga tingkatan:1

Pertama: Berpuasa pula sebelum dan sesudahnya, yakni pada 9-11 Muharrom. Inilah yang paling sem­purna.

Kedua: Berpuasa pada 9 dan 10. Inilah yang paling banyak ditunjukkan dalam hadits.

Ketiga: Berpuasa pada tanggal 10 saja.2

Sedangkan berpuasa hanya pada 9 Muharrom tidak ada asalnya, keliru dan kurang teliti dalam memaha­mi hadits-hadits yang ada. (Zadul-Ma’ad: 2/72)

Berkaitan dengan cara pertama—yaitu berpuasa tiga hari (9-11 Muharrom)—para ulama melemahkan hadits Ibnu Abbas 3 yang menjadi sandarannya.4 Kendati demikian, pengamalannya tetap dibenarkan oleh para ulama5 dengan alasan sebagai berikut6:

 

Pertama: Sebagai kehati-hatian karena bulan Dzulhij-jah bisa 29 atau 30 hari. Apabila tidak diketahui pene­tapan awal bulan dengan tepat maka berpuasa pada tanggal 11-nya akan dapat memastikan bahwa ses­eorang mendapati puasa Tasu’a (tanggal 9) dan puasa Asyuro’ (tanggal 10)

.

Kedua: Yang melakukannya akan mendapat pahala puasa tiga hari dalam sebulan, sehingga baginya pa­hala puasa sebulan penuh. (Berdasarkan HR. Muslim: 1162)

 

Ketiga: Dia berpuasa tiga hari pada bulan Muharrom yang dikatakan oleh Nabi صلي الله عليه وسلم: “Puasa yang paling afdhol setelah puasa Romadhon adalah puasa pada Syahrulloh (bu­lan Alloh), Muharrom.” (HR. Muslim: 1163)

 

Keempat: Tercapainya tujuan menyelisihi orang Ya­hudi, tidak hanya puasa pada hari Asyuro’ melainkan juga menyertakan hari lainnya. (Fathul-Bari: 4/245, Syarah Riyadhush-Sholihin kar. Ibnu Utsaimin 5/305) Allohu A’lam.

 

_____________________

1 Zadul-Ma’ad kar. Ibnul Qoyyim: 2/72, Fathul-Bari: 4/289, Tuhfatul-Ahwadzi: 3/526

2 Syaikhul-Islam  رحمه الله berkata: “Puasa hari Asyuro’ menghapus dosa setahun, tidak dibenci apabila berpuasa pada hari ini saja.” (al-Akhbar al-llmiyyah minal Ikhtiyarot al-Fiahiyyah kar. Alauddin Ali bin Muhammad al-Ba’li hlm. 164)

3 Yaitu hadits yang berbunyi: “Puasalah pada hari Asyuro’ dan berbedalah dengan orang Yahudi. Berpuasalah kalian sehari sebelum­nya atau sehari setelannya.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s