Sejarah Puasa Asyuro’

Asyuro’ adalah hari kesepuluh Muharrom.1 Ia adalah hari yang mulia. Ia menyimpan sejarah yang mendalam. Ibnu Abbas berkata: “Nabi صلي الله عليه وسلم tiba di Madinah dan mendapati orang-orang Yahudi sedang berpuasa Asyuro’. Nabi bertanya: “Puasa apa ini?” Mereka menjawab: “Hari ini adalah hari yang baik, hari yang Alloh telah menyelamat­kan Bani Israil dari kejaran musuhnya, maka Musa berpuasa sebagai rasa syukurnya kepada Alloh. Dan kami pun ikut berpuasa.” Nabi صلي الله عليه وسلم berkata: “Kami le­bih berhak terhadap Musa daripada kalian.” Akhirnya Nabi صلي الله عليه وسلم berpuasa dan memerintahkan kepada manu­sia berpuasa. (HR. al-Bukhori: 2004 Muslim: 1130)

Nabi صلي الله عليه وسلم, dalam berpuasa Asyuro’, mengalami empat fase:2

Fase pertama: Beliau صلي الله عليه وسلم berpuasa di Makkah dan ti­dak memerintahkan kepada manusia berpuasa. Aisyah رضي الله عنها menuturkan: “Dahulu orang Quraisy ber­puasa Asyuro’ pada masa jahiliah. Dan Nabi صلي الله عليه وسلم pun berpuasa Asyuro’ pada masa jahiliah. Tatkala hijrah ke Madinah beliau صلي الله عليه وسلم tetap berpuasa Asyuro’ dan memerintah manusia agar berpuasa pula. Ketika pua­sa Romadhon telah diwajibkan, beliau berkata: “Bagi yang hendak berpuasa, silakan berpuasa. Bagi yang tidak puasa, juga tidak mengapa.” (HR. al-Bukhori: 2002 dan Muslim: 1125)

 

Fase kedua: Tatkala tiba di Madinah dan mengetahui bahwa orang Yahudi berpuasa Asyuro’ beliau juga berpuasa dan memerintah manusia agar berpuasa, sebagaimana keterangan Ibnu Abbas di muka. Bahkan, Rosululloh صلي الله عليه وسلم menguatkan perintah beliau dan sangat menganjurkan, sampai-sampai para saha­bat melatih anak-anak mereka berpuasa Asyuro’.

 

Fase ketiga: Setelah diturunkannya kewajiban puasa Romadhon, beliau tidak lagi memerintah para saha­batnya berpuasa Asyuro’, tidak pula melarang, dan membiarkan perkaranya menjadi sunnah3 sebagai­mana hadits Aisyah رضي الله عنها yang telah lalu.

 

Fase keempat: Pada akhir hayatnya Nabi صلي الله عليه وسلم bertekad untuk tidak hanya berpuasa pada hari Asyuro’ me­lainkan juga menyertakan 9 Asyuro’ agar berbeda de­ngan puasanya orang Yahudi. Ibnu Abbas رضي الله عنهما, berkata: “Ketika Nabi صلي الله عليه وسلم berpuasa Asyuro’ dan juga memerin­tah para sahabatnya berpuasa, para sahabat berkata: ‘Wahai Rosululloh, hari Asyuro’ adalah hari yang di­agungkan oleh Yahudi dan Nasrani!’ Maka Rosululloh صلي الله عليه وسلم berkata: ‘Kalau begitu, tahun depan insya Alloh kita puasa bersama tanggal sembilan pula.'” Kata Ibnu Abbas: “Sebelum sampai tahun depan, beliau wafat.” (HR. Muslim: 1134)

Tinggalkan komentar