MENGAPA PERPECAHAN DAN PERBEDAAN TERJADI DI KALANGAN PARA PEMUDA

Oleh
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin

Pertanyaan
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : Apakah perpecahan dan perselisihan di kalangan pemuda itu disebabkan mereka tidak duduk di sekeliling ulama, tidak adanya hubungan yang berkelanjutan dengan sang alim, dan orang-orang yang menuntut ilmu, juga karena sedikitnya ulama yang berkorban untuk para penuntut ilmu ?

Jawaban
Memang benar apa yang disebutkan dalam pertanyaan ini, para pemuda tidak berpulang kepada ulama yang dipercaya ilmu dan agamanya ; merupakan satu sebab mereka jauh dari manhaj As-Salaf. Dan saya katakan : “Yang dipercaya ilmu dan agamanya”, sebab tidak setiap alim dapat dipercaya ilmu dan agamanya, Namun alim yang dipercaya ilmu agamanya-lah yang seharusnya dikelilingi oleh para pemuda.

Saya tidak mengatakan bahwa mereka harus menerima setiap apa yang dikatakannya, karena ia bisa saja salah dan benar, akan tetapi jika seseorang memiliki seorang alim yang menjadi qudwah yang dapat diteladani dan ia mengetahui pemikiran dan ijtihad, serta menyimpulkan hukum dari dalil-dallnya, maka ini tentu yang paling baik dan tepat bagi para pemuda.

Adapun tentang sedikitnya ulama, memang benar bahwa para ulama –tidak diragukan lagi- sangatlah sedikit. Akan tetapi alhamdulillah sekarang telah muncul banyak bibit-biibit (ulama) di sini di Riyadh, di Qasim, di Hijaz. Kita mendengar bahwa disana banyak ulama yang mengajari para pemuda. Akan tetapi yang terpenting menurut saya adalah seorang pemuda itu harus bersabar dan menyabarkan dirinya menjalani apa yang ia laksanakan sekarang, dan tidak tergesa-gesa dalam segala urusan disertai dengan mengelilingi ulama yang dipercaya ilmu dan amanah mereka.

[Disalin dari kitab Ash-Shahwah Al-Islamiyah Dhawabith wa Taujihat, edisi Indonesia Panduan Kebangkitan Islam, Penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Penerjenah Muhammad Ihsan Zainudin, Penerbit Darul Haq]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s